• Majalahutusan.com

Alternatif Pantang dan Puasa untuk Hidup yang Lebih Sehat dan Awet Muda

Pantang dan puasa bukan hanya tidak makan 'ini' atau 'itu'. Pantang dan puasa lebih pada pelan-pelan membuang kebiasaan yang kurang baik, dan membuat kebiasaan baru yang lebih baik. Berikut ini alternatif puasa agar lebih sehat dan awet muda.


1. Cintai Diri Sendiri

Sudahkah kita mencintai diri sendiri selama ini? Hanya kita yang bisa memberikan perhatian pada diri kita sendiri seperti yang kita mau. Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan sebagai langkah awal mencintai diri sendiri.


a. Gunakan tabir surya dan kurangi make-up berlebih

Lindungi kulit dengan mengoleskan tabir surya secara merata dan teratur. Kurangi juga penggunaan make-up yang berlebih. Mulailah beralih pada produk-produk perawatan kulit, bukan sekedar produk perias wajah.


b. Merawat gigi

Barisan gigi yang tidak terawat dapat menjadi gerbang datangnya berbagai penyakit serius. Maka rajinlah menyikat gigi, dan buat jadwal konsultasi teratur dengan dokter gigi anda.


c. Jangan Merokok

Selain kanker, penyakit jantung, paru - paru, dan berbagai macam penyakit serius, merokok juga menyebabkan keriput. Dengan merokok pembuluh darah akan menjadi sempit. Hal itu membatasi peredaran darah menuju ke lapisan atas kulit.



2. Perkaya Diri

Memperkaya diri bukan berarti menumpuk uang untuk diri sendiri. Seiring berjalannya waktu, kita juga perlu meningkatkan kualitas diri. Pantang dan puasa berarti membangun kebiasaan baru untuk kualitas diri yang semakin baik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:


a. Belajar hal yang baru - pelajari keterampilan baru yang melibatkan fisik anda agar kemampuan koordinasi otak dan tubuh tidak menurun. Menari adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dicoba. Menari membuat anda bersosialisasi dan berolahraga dalam waktu bersamaan.


b. Berolahraga - Cukup agendakan 20 - 30 menit setiap hari untuk beraktifitas fisik agar kebugaran tubuh terjaga. Bersih -bersih dan membereskan rumah sendiri dapat juga dilakukan sebagai alternatif aktivitas fisik.


c. Lakukan sesuatu yang kreatif - Bila anda gemar membuat kerajinan tangan atau model - model kerajinan lainnya, anda dapat menekuninya lagi selama masa pantang dan puasa ini. Membuat suatu karya kreatif dapat membuat anda merasa bahagia, berpikir lebih jernih, dan meningkatkan kualitas hidup anda.


Infografis Majalah UTUSAN, Maret 2017



23 tampilan
Layanan Pelanggan

Redaksi

Ada pertanyaan? Hubungi kami di live chat.

Pengiriman
Pembayaran