Dua Belas Kunci Berdoa : Menjalin Kasih

February 5, 2017

Seperti halnya kita tidak perlu belajar tentang cara mengunakan mata, begitulah sebenarnya kita mempunyai kemampuan alami untuk berdoa. Meskipun demikian, untuk dapat berdoa dan mengembangkannya dengan baik, kita memerlukan guru doa. Satu-satunya guru doa kita adalah Allah Bapa sendiri. Karena Allah sendiri gurunya, setiap orang telah diberi kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan untuk dapat berdoa dengan baik. Talenta untuk berdoa memang diberikan kepada semua orang. Pastor John Chapman mengatakan, “Hanya ada satu cara berdoa, yaitu berdoa itu sendiri. Dan berdoa yang baik adalah banyak berdoa.” Berikut adalah 12 kunci yang dapat menjadi pedoman bermanfaat untuk mengawali atau memperdalam perjalanan hidup doa kita, sebagaimana ditulis oleh Jerome Lowell, OSB, “Twelve Keys to Prayer”, The Liturgical Press, Minnesota, 1999 dan termuat dalam Utusan, Mei 1999.


Hakikat doa adalah membangun jalinan kasih yang intim dengan Tuhan. Oleh karena itu, semua sarana yang kita gunakan untuk berdoa harus mengarahkan hati kita kepada Tuhan. Buku-buku doa dan benda-benda rohani tidak ada artinya bila tidak membantu kita mengarahkan hati secara intim kepada Tuhan.

 

Tuhan telah menciptakan setiap orang sebagai pribadi yang unik, karenanya tiap orang punya cara unik pula untuk membangun jalinan kasih yang intim dengan-Nya.

Doa adalah perjalanan menuju Tuhan yang unik bagi masing-masing pribadi. Perjalanan itu memang tidak mudah, tapi hanya dengan setia menapakinya kita akan mencapai tujuan. Kita hanya bisa belajar berdoa dengan menjalani doa itu sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Rubrik
Please reload

Follow Me
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
Layanan Pelanggan

Redaksi

Ada pertanyaan? Hubungi kami di live chat.

Pengiriman
Pembayaran