Joseph Ratzinger dan Devosi Hati Kudus (3) : Mengetahui dengan hati

February 24, 2017

Menurut Ratzinger, jelas bahwa ensiklik Haurietis Aquas mengetengahkan suatu teologi mengenai peran hakiki tubuh, dan dengan demikian juga hati serta perasaan dan rasa, dalam memahami misteri Allah. Dengan tubuh dan hati, kita akan semakin memahami, betapa lebar dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, yang melampaui segala pengertian (bdk. Ef 3:18). Tradisi Gereja sendiri juga amat kaya dengan ajaran, bahwa bukan hanya dengan akal dan pengetahuannya, tapi juga dengan hati dan cintanya manusia sungguh dapat mengetahui dan memahami Allah. Seperti misalnya ditulis Saint-Exupery,” Hanya dengan hati kamu dapat melihat dengan terang.” Bahkan pujangga jaman bapa-bapa Gereja sudah mengajarkan tentang hal itu.

 

Tradisi Dionysius misalnya mengajarkan mengenai keterbatasan akal, dan mengetengahkan tentang ignote cognoscere (mengetahui dengan tidak mengetahui). Kemudian kata Santo Gregrorius Agung: amor ipse notitia est (cinta itu sendiri adalah pengetahuan). Atau kata teolog Hugh dari St. Victor: Intrat dilectio et appropinquat, ubi scientia foris est (cinta masuk dan mendekat, ketika pengetahuan dikesampingkan). Dan senada dengannya adalah kata-kata mistikus Richard dari St. Viktor: amor oculus est et amare videre (cinta itu adalah mata dan mencinta adalah melihat).

 

Menurut Ratzinger, kata-kata itu semua adalah kesaksian, bahwa Tuhan dan cintanya dapat diketahui lewat rasa, dan dengan demikian juga dapat dirasakan. Hati adalah pusat rasa dan tubuh manusia. Maka hatilah tempat yang paling sempurna, di mana roh dan rasa insani dapat berpadu. Dengan hati inilah kita dapat menyapa dan mengenal Tuhan dengan lebih dalam dan luas, lalu berbicara dengan-Nya dengan lebih intim dan mesra, seperti dikatakan oleh Kardinal Newman: Cor ad cor loquitur (hati bicara kepada hati).

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Rubrik
Please reload

Follow Me
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
Layanan Pelanggan

Redaksi

Ada pertanyaan? Hubungi kami di live chat.

Pengiriman
Pembayaran